Friday, March 31, 2017

Perbedaan antara NVIDIA GeForce,Tesla,dan Quadro


Siapa yang tidak kenal dengan nama yang satu ini...ya NVIDIA. NVIDIA adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi Graphics Card atau yang sering kita sebut juga dengan VGA Card atau GPU. Perusaan ini dimiliki oleh seorang berkebangsaan Taiwan yaitu Jensen Huang. Akan tetapi saya tidakakan membahas tentang pemilikya tetapi saya akan membahas tentang perbedaan produk NVIDIA GeForce, Tesla, dan Quadro. Jadi langsung saja.



1.NVIDIA GEFORCE
NVIDIA GEFORCE adalah tipe dari nvidia yang sering kali kita temui daripada tipe Quadro dan Tesla. Bagi anda pecinta gaming yang ingin bermain game dengan kualitas kinerja dan visual yang bagus anda akan berterimakasih kepada nvidia geforce karena gpu ini memang diproduksi khusus untuk bermain game. Dari segi harga, nvidia geforce memiliki harga yang lebih murah dikarenakan GPU ini hanya dikhususkan untuk gaming dan bukan untuk rendering. Ada berbagai tipe dari geforce yaitu GT, GTS, GS, GSO, GTX, Ultra dan setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


2.NVIDIA QUADRO
Berbeda dengan geforce, Quadro lebih dominan digunakan untuk keperluan komputer kerja atau bisa kita sebut workstation. Quadro dikhususkan untuk pekerja grafis editor, 3D editor, dan berbagai pekerjaan atau aplikasi-aplikasi grafis yang memerlukan render double polygon yang artinya tanpa backface culling. Perbedaan lainnya yaitu Quadro memiliki jumlah memori yang lebih besar dan dukungan RAM ECC. Untuk harganya, Quadro memiliki hrga yang lebih tinggi dari geforce karena memang dipakai untuk performa dan kinerja yang lebih tinggi.


3.NVIDIA TESLA
Mungkin nama Tesla masih jarang anda dengar karena memang GPU yang satu ini cuma dikhususkan untuk komputer-komputer dengan performa tertinggi (Super Computer). Bukan hanya itu, Tesla juga diperuntuhkan untuk komputer yang menggunakan CUDA dan Open CL. NVIDIA TESLA mampu melakukan perhitungan bilngan FPU(Floating Point Unit) yang memiliki arti bilangan pecahan yang perhitungannya bisa sampai miliaran dalam satu detik dan mampu meningkatkan akurasi nilai pada citra gambar digital. Bagi yang belum tahu, terdapat dua Super Computer di dunia ini yang menggunakan NVIDIA TESLA yaitu Titan di Oak Ridge National Laboratory dan satu lagi ada di Tianhe-1A di Cina.


Jadi, perbedaan antara ketiga jenis GPU diatas dapat kita lihat dari harga, fungsi, dan pemakainya.

a.Harga
Jelas bahwa GPU dengan harga yang lebih tinggi yaitu NVIDIA TESLA ,lalu NVIDIA QUADRO, disusul dengan NVIDIA GEFORCE.

b.Fungsi
NVIDIA GEFORCE lebih banyak difungsikan untuk gaming, NVIDIA QUADRO untuk mengelola grafis, 3D dan berbagai kegiatan rendering, sedangkan NVIDIA TESLA lebih difungsikan untuk perhitungan cepat dan akurat untuk menghasilkan visualisasi yang tinggi.

c.Pemakai
Untuk NVIDIA GEFORCE pemakainya adalah gamer atau orang yang menyukai game, NVIDIA QUADRO dipakai oleh pekerja grafis dan 3D, sedangkan NVIDIA TESLA digunakan oleh supercomputer.

No comments:

Post a Comment